Sunday 5 November 2017

Kerja Sambilan di Jerman (Part I): Pengalaman Kerja Gelap

Dulu aku sempet mikir kalau orang-orang yang kuliah di luar negeri itu pasti cuma orang yang banyak uangnya, secara 1 € di Jerman cuma bisa kebeli 1 bungkus ciki doang. Kalau di Indonesia nih, 1 € udah bisa puas jajan di mamang-mamang yang jualan depan SD, ya gak?

Tapi ternyata pikiran aku zaman dulu tuh salah banget, kenapa salah? Karena aku masih bertahan di Jerman sampai sekarang tanpa support dana satu rupiah pun dari orang tua. Lima tahun aku di Jerman dihabiskan dengan hampir dua tahun tinggal di Gastfamilie terhitung mulai September 2012 sampai dengan Juli 2014. Selama tinggal di Gastfamilie aku gak usah mikirin yang namanya sewa rumah, bayar listrik, bayar air, internet sama bayar uang jaminan sewa rumah, tapi setelah aku gak tinggal lagi disana aku harus mulai itung-itungan berapa pengeluaran aku setiap bulannya dan darimana aku dapetin uangnya buat bayar semua itu. AKU HARUS KERJA SAMBILAAAANNN!!!

Well, sebenernya sih dari semenjak Au-Pair aku udah mulai kerja di luar Gastfamilie, terhitung dari bulan Maret 2013. Sebenernya itu gak boleh, tapi karena Gastfamilie aku gak keberatan jadinya aku bisa kerja di keluarga lain dengan syarat tugas Au-Pair gak terlantar, deal! Akhirnya aku nyambi kerja mulai dari kerja jadi Babysitter sampai Putzfrau a.k.a. bersih-bersihin rumah orang atau pembantu? Exactly! Ternyata kerja beres-beres rumah itu berat, pantesan dibayarnya 10 € per jam, walaupun sebenernya beresin rumah orang jerman itu terbilang gampang, gak kayak beresin rumah kita di Indonesia. Masalahnya adalah rumah mereka itu gede-gede dan satu rumah itu harus beres dibersihin dalam waktu tiga sampai empat jam. Kebayang gak tuh beresin rumah tiga lantai cuma dalam waktu tiga sampai empat jam dan itu udah termasuk ngelap debu di perabotan, nyedot debu, ngepel, bersihin tangga, bersihin kamar mandi, kamar tidur dan segala hal? Sempet kepikiran kalau kerja di restaurant lebih enak, ternyata gak enak juga hahaha.

Dari keluarga inilah aku tahu kalau ternyata pembantu di Jerman itu harus didaftarin ke dinas ketenagakerjaan, walaupun kamu kerja disitu gak pake agen tapi kamu harus tetep didaftarin. Mulai dari situ aku panik karena kan Au-Pair gak boleh kerja ditempat lain selain di rumah Gastfamilie. Akhirnya aku ceritain kondisi aku yang sebenernya kalau aku Au-pair, gak boleh kerja di tempat lain tapi aku harus kerja karena aku butuh uang untuk lanjut sekolah di Jerman. Alhamdulillah, keluarga itu baik dan mereka bersedia aku tetep kerja disana walaupun sebagai tenaga kerja gelap! Akhirnya aku kerja disana seminggu 1x selama 3 jam. Berarti aku dapat ekstra 120 € per bulannya tapi itu belum cukup dan akhirnya aku cari lagi kerja Putzen lainnya dan dapet dua rumah masing-masing 3 jam setiap minggunya. Jadi pemasukanku terhitung bulan Maret 2013 itu 280 € dari Gastfamilie, 100 € masih dari Gastfamilie karena aku bersedia buat bersihin rumah mereka seminggu sekali dan sisanya 360 € dari kerja sambilan, totalnya 740 €. Cukup lah ya buat tabungan kalau masa-masa keemasan pas Au-Pair telah berakhir.

Kalau inget aku di Jerman kerjanya beres-beresin rumah orang itu kadang kebersit rasa bersalah sama orang tua, soalnya orang tua udah nyekolahin tinggi-tinggi sampai sarjana eh jatuhnya di rumah orang, mengang sikat WC. Tapi kayaknya itu lebih baik daripada aku harus minta uang tambahan dari mereka, iya gak sih?

No comments:

Post a Comment

Kerja Sambilan di Jerman (Part II): Kerja (Sebagian Gelap) di Sembilan Tempat yang Berbeda

Bulan-bulan pertama setelah aku keluar dari rumah Gastfamilie  merupakan bulan-bulan yang sulit banget buat aku. Gak hanya dari segi keuanga...