Tuesday 2 December 2014

All begin with an A: Aupair

1. 12. 2014

Udah tiga kali Desember yang gw lalui di Jerman, Desember '12, Desember '13 dan sekarang Desember '14. Apa gw masih ada disini saat Desember '15 nanti? well, only heaven knows. Diantara semua musim, gw paling suka sama musim gugur, ya musim di antara bulan September sampai November, romantis menurut gw, karena dedaunan warna warni, ada yang kuning, kecoklatan bahkan sampai merah. Atau mungkin gw suka musim gugur karena perjalanan gw dimulai saat musim itu? Ya, 15. September 2012, gw pergi tinggalin keluarga gw untuk memulai abjad pertama gw yaitu A.

A untuk Aupair. Bisa dibilang semua berawal dari abjad A ini, dimana gw ngerasain tinggal dengan orang asing yang menjadikan gw bagian keluarga mereka dan begitupun sebaliknya. Gw ngambil keputusan ini diiringi tatapan ga rela dari mama gw, ga rela karena gw yang biasanya paling jauh pergi itu ke Jakarta itu pun ga lewat dua hari, sekarang harus pergi dan tinggal di Jerman selama 12 bulan tapi sayangnya sampai bulan ke 27 gw masih juga ada di benua biru.

Keinginan gw untuk Aupair bukan karena terinspirasi sama jurusan yang gw ambil (gw pernah kuliah ambil program bahasa Jerman) atau latah karena banyak temen ke luar negeri, bukan. Gw Aupair karena semata-semata gw males dan bosan abis lulus kuliah kalau langsung harus kerja. Gw kerja mulai dari bangku kuliah, jadi wajar di saat temen-temen gw bersemangat ikut interview sana sini, sedangkan gw malah mulai ngerasa bosan dan ingin memulai sesuatu yang baru.

Jujur, gw kuliah di jurusan bahasa Jerman karena gw salah isi kode jurusan, yang sebenernya gw ingin isi JP untuk bahasa Jepang, malah gw isi JR. Faktor salah jurusan membuat gw ga enjoy kuliah tapi ga bisa kalau harus cabut membuat gw kababayut, alias tidak berkembang dan tergusur bila dibandingkan temen-temen lain. Sampai akhirnya gw berhasil mencapai semester akhir dimana gw harus nyusun skripsi dan dapat dosen pembimbing yang aduhaaaaaiiiiiii. Saking aduhainya, gw harus rajin baca dan pahami buku-buku berbahasa Jerman yang tebelnya dua kilo yang biasanya selalu gw jadikan penutup mie instant cup disaat-saat menunggu tiga menit. Bukan cuma baca dan pahami tapi gw juga harus menganalisis bagian kalimat yang jadi subjek tugas akhir gw, disitulah gw mulai mencintai bahasa Jerman.

Saking cintanya, gw mulai buka buku pelajaran semester awal dan isi semua latihan-latihannya. Ga makan waktu satu bulan, semua materi semester 1 sampai 4 udah abis gw kerjain tapi gw masih juga dikejar yang namanya penasaran sampai satu hari gw liat papan pengumuman di mading jurusan bahwa ada satu keluarga yang nyari Aupair. Wtf, masang iklan babu kok di kampus?!? Itu yang ada di pikiran gw saat itu sampai akhirnya ada dua temen sekelas gw yang saat itu kuliahnya belum kelar, milih cuti dan jadi 'babu' ke Jerman.

Oh, ternyata namanya Aupair, bukan babu. Aupair itu pembantu, pembantu dalam artian sebenarnya loh ya bukan pembantu yang biasa di Indonesia di asumsikan bernama Inem, Ijah, Imas dan pakai seragam serta celemek dan seumur hidupnya didedikasikan di dapur untuk masak dan ngepel. Bukaaaaannnnn. Bukan itu. Pembantu disini adalah orang yang membantu :D ya karena Aupair harus membantu pekerjaan rumah tangga dari Host Family nya. Umumnya sih ngurus anak, tapi ada juga yang ngurus anjing, tapi seharusnya sih emang ngurus anak. Walaupun literally Aupair itu orang asing, tapi Aupair diperlakukan seperti anggota keluarga yang lain. Duduk satu meja, pergi nonton bareng, sama-sama makan es krim, berenang, main sepeda, dan lain-lain.

Gw waktu itu Aupair di keluarga single parent, ayah dan anak perempuannya umur delapan tahun. Gw diperlakukan layaknya anggota keluarga mereka, makan es bareng, pergi makan di restaurant, maen game tapi di sisi lain gw juga harus jagain anak perempuan itu kalau babehnya lagi ga ada. Gw juga masak untuk makan malam dan kadang juga makan siang. Seru banget tapi kadang juga ada saat-saat dimana gw ngerasa tinggal dengan orang asing, tapi bersyukur karena masalah yang gw hadapi ga pernah berlarut-larut.

Kerjaan gw pagi-pagi nyiapin bekel untuk si anak, roti dan buah atau kadang gw beli ke toko roti terdekat pakai sepeda kalau udah beres gw pergi ke tempat les. Sorenya gw jemput nih bocah dari sekolahnya terus main-main sebentar sebelum gw nyiapin makan malem. Abis makan malem kalau udara ga begitu dingin biasanya kita bertiga beli es krim, gw paling suka banget yang namanya Spaghetti Eis yang di atasnya ada Smarties. Malemnya gw nemenin anak itu mandi tapi ga tiap hari karena dia mandi cuma seminggu dua kali, atau nemenin gosok gigi, terus bacain cerita lalu beres deh kerjaan gw.


Ini kesukaan gw. Yuuummmm ^^


Gw ga pernah itung-itungan sama keluarga ini, jadi mereka juga ga pernah itungan sama gw dan entah gw beruntung apa sial saat gw ditawari untuk lanjut studi gw di Jerman. Bener-bener semuanya berawal dari A dan gw sekarang sedang dalam proses untuk bisa nyampe di hurup W, yaitu wisuda karena dulu gw berangkat kesini tanpa ngerasain yang namanya wisuda. Mudah-mudahan tahun 2015 ada rejeki gw untuk menuju hurup W itu, aamiin

No comments:

Post a Comment

Kerja Sambilan di Jerman (Part II): Kerja (Sebagian Gelap) di Sembilan Tempat yang Berbeda

Bulan-bulan pertama setelah aku keluar dari rumah Gastfamilie  merupakan bulan-bulan yang sulit banget buat aku. Gak hanya dari segi keuanga...