Friday 5 December 2014

Aupair: Apa sih kerjaan Aupair itu?

2012 kemarin gw sempet Aupair dan banyak temen yang tanya Aupair apaan, kerjanya apaan, sampai-sampai ga tahu gimana awalnya jadi banyak banget yang tanya apa ada keluarga yang lagi nyari Aupair juga sebaliknya, banyak yang tanya apa gw ada kenalan orang yang mau Aupair. Lama-lama gw buka agen aja kali ya :D

Mereka yang tanya gw, kebanyakan ga tau Aupair itu apa. Mereka tahunya tinggal di keluarga bule dan main sama anak. Mending mereka tahu kayak gini, gw dulu bahkan bengong tiap kali ada orang yang nyebut kata Aupair padahal pas jaman kuliah ada beberapa orang dari jurusan gw yang meniti karir sebagai Aupair, tapi sayangnya gw dulu ga menyerap informasi dengan baik.

Kalau ngutip dari Wikipedia sih artinya ini :

An au pair (plural: aux pairs) is a domestic assistant from a foreign country working for, and living as part of, a host family. Typically, aux pairs take on a share of the family's responsibility for childcare as well as some housework, and receive a monetary allowance for personal use.

Jadi Aupair adalah asisten rumah tangga dari negara lain yang bekerja dan tinggal sebagai bagian dari anggota keluarga. Umumnya, Aupair mendapat bagian tanggung jawab atas tugas rumah tangga dan juga anak serta mendapatkan uang bulanan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pribadi.

Menurut definisi di atas jadi Aupair itu ga cuma main sama anak, tapi juga ngerjain pekerjaan rumah tangga seperti buang sampah ke luar, beresin piring bekas makan dan juga nyuci piring, ngeberesin piring dari mesin cuci, nata piring di meja makan, atau yang agak beratnya nyedot debu, ngepel, ngelap-ngelap perabotan, sesuai kesepakatan sama keluarganya tentunya. 

Kalau ada yang mikir kerjaan Aupair itu cuma berkecimpung sama anak itu jelas kurang tepat. Kalau ada yang berpikiran seperti itu, pasti pas datang ke keluarganya nanti kaget, "kok disuruh beres-beres, katanya cuma jaga anak?". Cuma jangan salah, jaga anak disini ga sama dengan jaga anak di Indonesia yang anaknya bisa diajakin nonton telenovela bareng sama Nanny nya. Anak-anak di Jerman sebagian besar sudah mulai dibiasakan untuk berdiskusi dan bebas bertanya apapun yang mereka mau. Mereka juga diharuskan untuk mengemukakan pendapat mereka, jadi kalau anak ngerasa bosan dia pasti bilang, kalau ga mau anak pasti akan nolak dan ga akan manut-manut aja seperti anak di Indonesia kebanyakan. Maka dari itu Aupair dituntut untuk memiliki "jiwa anak-anak" yang tahu kiranya anak akan seneng main apa. 

Aupair selain jadi temen main anak, juga sebagai mentor, yang ngajarin anak apa yang baik dan ga baik. Sebagian keluarga ada yang melarang keras Aupairnya untuk ikut menegur anak kalau anak salah, urusan orang tua katanya tapi ada juga yang dengan tangan terbuka menerima metode didikan baru dan diterapkan kepada anak karena ya seperti kita tahu semua orang bisa dan tahu cara mendidik anak, kecuali mereka yang punya anak :D

Menurut gw bisa punya pengalaman Aupair itu menyenangkan banget, karena bisa tahu gimana rasanya ngurus anak dan ngurus rumah sekaligus. Inget kesitu jadi makin nambah rasa cinta sama nyokap di rumah, iya gak sih? Kerasa banget repotnya masak sedangkan anak bentar-bentar teriak karena minta pindah chanel tv, sedangkan jam makan tinggal sebentar lagi. Ngeliat meja makan belum di tata, masakan yang harus di aduk sebentar-sebentar, anak yang teriak minta pindah chanel terus minta ambilin minum, di depan bel bunyi ada tetangga yang ngasih titipan paket, kebayang kan kayak gimana? Inget itu gw suka keingetan sama game Nanny Mania, dimana si Nanny lari sana sini mungutin baju yang berceceran di lantai terus masukin ke mesin cuci, si baby nangis minta ganti popok, terus emaknya di dapur minta dipanasin makanan, ayahnya datang masuk rumah pake sepatu berlumpur dan harus ngepel pokoknya aaarrrghhhhhhhhh.. Tapi kalau task dalam sehari bisa diselesaikan, rasanya seneng banget apalagi kalau nilainya expert. Nah kurang lebih gitu Aupair juga, tapi tenang aja, Aupair bukan game Nanny Mania yang makin hari tugasnya makin banyak, Aupair itu kerjanya setengah fleksibel, kadang satu hari full kesana kesini dan kadang di hari lain bingung mau ngerjain apa sampai ngupil aja pake acara ganti-ganti jari saking ga ada kerjaannya.

Satu hal yang penting, Aupair sebaiknya bisa masak karena kadang Aupair cuma ditinggal sama anak tanpa ada yang masakin. Mungkin sekali dua kali makan makanan cepet jadi itu asik juga atau mesen di restaurant cuma lama-lama enek juga. Cuma ga usah khawatir, orang jerman masak ga pake tujuh bumbu rahasia ala orang Indonesia kok. Rebus pasta terus udahnya di aduk pakai tumisan bawang putih plus minyak zaitun dan di atasnya dikasih taburan keju itu udah bagus banget. Atau kalau ga rebus kentang, sayur dan goreng sosis itu juga udah cukup. 

Ada kalanya Aupair harus tinggal di rumah cuma sama anak, berarti Aupair harus bawa anak untuk tidur. Stop segala aktivitasnya, bawa ke kamar mandi, ganti bajunya lalu bacain cerita atau bisa juga gantian anak yang bacain cerita untuk Aupairnya. Kalau sampai besoknya orang tuanya masih ga ada berarti harus siapin bekel untuk kesekolahnya, siapin sarapan, terus anterin ke sekolahnya. 
 
Nah jadi gimana? Mulai mikir untuk mundur jadi Aupair? Jangan dong..




No comments:

Post a Comment

Kerja Sambilan di Jerman (Part II): Kerja (Sebagian Gelap) di Sembilan Tempat yang Berbeda

Bulan-bulan pertama setelah aku keluar dari rumah Gastfamilie  merupakan bulan-bulan yang sulit banget buat aku. Gak hanya dari segi keuanga...