Thursday 11 December 2014

My 1st Trip: Oktoberfest München


Buat gw yang selama di Indonesia jarang melakukan perjalanan dengan alasan ga diijinin mama, suka nyasar dan macet, selama di Jerman gw justru malah jadi seneng banget jalan-jalan. Banyak yang tanya selama disini gw udah kemana aja, well sebenernya buat ukuran orang yang udah dua tahun tinggal di Jerman, gw terhitung orang yang jarang jalan-jalan. Mungkin orang bilang gw bukan Wandervögel sejati, tapi setidaknya gw punya pengalaman yang ga akan pernah gw sesali.

Kalau ada babu baru (gw selalu bilang babu, karena orang sini ga ngerti babu artinya apa) yang gw kenal, gw selalu tanya mereka udah main kemana aja. Jawaban yang gw dapet hampir seragam "Belum kemana-mana mbak, ongkosnya mahal dan aku takut nyasar". Dang, gw benci banget dipanggil mbak -_-
Setiap kali ada yang bilang kayak begitu, ingatan gw selalu melayang ke tahun 2012 tepatnya bulan September tanggal 18.

Temen gw, namanya Wahyu, ngajak gw yang saat itu notabene baru datang ke Jerman tanggal 16 September untuk ikut ke München nonton pembukaan Oktoberfest (22/09). Gw langsung bingung antara pengen dan heran, namanya Oktoberfest kok bukanya September? Terlebih itu hari sabtu dan gw baru aja nyampe dua hari lalu, tapi gw ingin kesana. Gw putusin untuk ngomong sama babeh.


Banner Münchner Oktoberfest 

Saat itu gw lagi di dapur berdua sama babeh, dia sengaja ambil cuti dua hari supaya bisa tunjukin gw macem-macem.

Babeh: "Temen lo yang jemput itu siapa namanya? Wanu? Ngapain dia disini lo bilang? Petsitter?"
Gw: "Wahyu. Iya, dia petsitter karena udah ga ada anak kecil lagi di keluarga itu"
Babeh; "Terus Wahyu ada hubungi lo?"
Gw: "Ada"
Babeh: "Sag mal, dia tanya apa, gw penasaran"
Gw: #kepojuganihbulepikirgwsambilnengadahkarenasumpahdiatinggibanget "Dia ngajak gw ke Oktoberfest. Itu apa?"
Babeh: #dengansemangatlangsungngejelasin "Gw belum pernah tuh seumur-umur ke Oktoberfest di München"
Gw: "Apa itu ga aneh? Lo aja yang berojol di Jerman sampai sekarang belum pernah ke Oktoberfest, apalagi gw yang cuma setaun disini"
Babeh: "Lo mau kesana? Itu kesempatan langka, sana pergi!"
Gw: "Serius gw boleh pergi? Gw mau tanya itu sebenernya tapi kalau gw pergi, gw harus cabut dari sini Jumat karena gw harus ke Frankfurt dulu ke tempat Wahyu"
Babeh: "Hhhhmmm, itu berat. Jumat itu gw kerja, gw ga bisa antar lo ke Frankfurt, gw khawatir lo harus pergi sendiri"
Gw: "Terus bocah gimana?"
Babeh: "Alah gampang, dia bisa pergi ke emaknya atau ke temennya abis pulang sekolah, pokoknya lo harus pergi dan utang cerita sama gw gimana nanti disana"

Dapat lampu hijau dari babeh, gw langsung ngibrit ke kamar dan langsung kontak Wahyu. Saat itu juga kami cari tahu pakai apa nanti gw kesana. Gw disarankan pakai Schönes Wochenende Ticket tapi gw langsung bantah karena SWT berlaku mulai hari Sabtu jam 00.00, kalau pakai tiket biasa mahal soalnya. Akhirnya kami putuskan bahwa gw ke Frankfurt pakai Mitfahrgelegenheit sejenis nebeng gitu dan share cost. Ok sip, harganya 10 € dan itu murah.

Setelah gw SMS si Fahrer nya, akhirnya ditentukan tempat ketemuannya di Burger King Parkplatz depan Hauptbahnhof. Gw bingung, ke kotanya gw pake apa tapi syukurnya Putzfrau babeh - Frau Hui - mau nunjukin gw dimana Haltestelle nya dan nanti gw pakai Bus ke Trier. Ongkos Bus saat itu 3,75 € dan singkat cerita gw udah sampai di Frankfurt jam 16.00 dan kami akan berangkat ke München besok subuh pakai kereta yang jam 04.40 dan sampai di München siang.


Rombongan kami saat itu - plus Wahyu yang motret

Besoknya kami yang dibagi kedalam dua grup (10 orang dan satu grup lima orang) beli yang namanya Schönes Wochenende Ticket yang saat itu harganya 41 € dan dibagi lima jadi masing-masing bayar 8, 20 €. Tiket SWT ini cuma bisa dipakai pas akhir pekan (berlaku dari jam 00.00 hari Sabtu sampai dengan jam 03.00 hari Minggu. Kalau beli Minggu berarti berlaku sampai Senin jam 03.00 MEZ) dan bisa dipakai di seluruh Jerman dan beberapa negara tetangga yang berbatasan langsung dengan Jerman.

Sesampainya di München, kami nunggu rombongan lain dari Konstanz dan total saat itu 23 orang. Ini bener-bener membuat stress, ga lagi-lagi jalan-jalan dengan jumlah orang sebanyak ini. Setelah orangnya lengkap semua, kami langsung menuju venue dilangsungkannya Oktoberfest, kesannya padat, basah dan dingin karena saat itu München diguyur hujan. Setelah puas keliling, kami pun pergi jalan-jalan di pusat kota lalu pergi ke Allianz Arena dan malam harinya pergi ke BMW Arena.


Pakaian tradisional Oktoberfest- Lederhose
Besoknya sebelum pulang kami menyempatkan diri dulu untuk nonton Parade Oktoberfest.


Lalu kami pulang dengan beli tiket SWT yang baru karena yang kemarin dibeli udah ga berlaku hahaha. Perjalanan sejauh itu gw hanya mengeluarkan ongkos 30,10 € dan itu murah banget. Jangan sekali-kali konversi Euro ke Rupiah, disini kami pendapatan dalam Euro jadi hitung sesuai dengan kurs yang berlaku. Kalau apa-apa selalu di konversi ke Rupiah, bisa ga kemana-kemana nantinya.








 


 


 

 

Suasana Oktoberfest saat itu

Gw yang baru lima hari di Jerman udah pergi ke München sendiri dan dengan ongkos yang murah, babeh selalu cerita hal itu ke semua temennya dengan bangga -_- Dia bangga tapi gw yang malu.
Gw nyampe Schweich lagi jam 23.30 dan bersyukur banget babeh nawarin jemput gw ke stasiun :D cuma sayangnya utang ceritanya ke babeh di pending sampai tiga minggu karena gw tonsilitis :p


Kosakata:

Wandervögel: orang yang hobi jalan-jalan
Sag mal: coba bilang
Parkplatz: tempat parkir
Hauptbahnhof: stasiun utama
Putzfrau: perempuan yang suka beres-beres rumah dan dibayar
MEZ: Mitteleuropäische Zeit atau waktu bagian eropa tengah



No comments:

Post a Comment

Kerja Sambilan di Jerman (Part II): Kerja (Sebagian Gelap) di Sembilan Tempat yang Berbeda

Bulan-bulan pertama setelah aku keluar dari rumah Gastfamilie  merupakan bulan-bulan yang sulit banget buat aku. Gak hanya dari segi keuanga...