Tuesday 13 June 2017

Annerkennung Jurusan dan Universitas di Anabin

Minggu lalu aku dapet e-mail masuk dari salah seorang yang ga sengaja mampir ke blog ini, Hana namanya. Katanya saat ini dia sedang kuliah S1 dan pengen lanjutin kuliah S2-nya di Jerman, hanya saja dia ada sedikit problem yaitu hanya jurusan S1 dia saja yang terakreditasi di Anabin, sedangkan Universitas dimana dia kuliah S1 saat ini tidak ada di dalam list Anabin. Gini kurang lebih isi e-mailnya:


Saya mahasiswi S1 dan akan melanjutkan studi S2 di jerman (entah tahun berapa). Namun, saya bingung dengan urusan ANABIN. Jurusan saya sudah terakreditasi oleh ANABIN (Biologi) tapi universitas saya tidak ada ada di website. Pertanyaan saya adalah :
1. Apakah tidak apa-apa apabila saya mengurus ANABIN sekarang walaupun S2 saya, anggap saja 3 atau 4 tahun lagi ?
2. Langkah-langkah apa saja yang harus saya lakukan agar universitas saya sekarang terdaftar di ANABIN?


Pastinya bukan cuma Hana yang punya problem seperti ini, beberapa tahun lalu sahabat aku juga mengalami hal yang sama. Waktu Hana ngirim e-mail, aku langsung ngehubungi sahabatku ini dan nanya segala prosesnya, ternyata dia ini nggak jadi ngurus-ngurus Annerkennung ke Anabin karena jadinya daftar ke Universitas secara langsung, tidak melalui Uni-Assist. Beruntung, adik sahabatku ini ternyata daftar melalui Uni-Assist dan mau nggak mau harus mengurus Annerkennung ke Anabin. 

Ini langkah-langkah yang harus ditempuh kalau ternyata jurusan atau Universitas kamu di Indonesia tidak ada di dalam list Anabin (Thanks to Ijey yang udah ngasih info ini):
1. Kalian perlu tiga dokumen untuk bisa Annerkennung di Anabin, yaitu surat dari Universitas yang menerangkan bahwa jurusan telah terakreditasi oleh BAN-PT.
2. Kalian juga perlu surat dari BAN-PT yang menerangkan bahwa jurusan telah diakreditasi oleh pihak BAN-PT.
3. Sertifikat akreditasi dari BAN-PT, jadi keseluruhannya ada tiga dokumen dengan dua dokumen sebelumnya.
4. Surat-surat tersebut harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau bahasa Jerman.
5. Lalu surat-surat tersebut dikirim ke pihak Anabin.

Setelah semua dokumen yang dibutuhkan dikirim ke pihak Anabin, maka Anabin akan update list-nya dengan mencantumkan jurusan dan Universitas kalian. Mudah bukan? Tapi Ijey bilang prosesnya cukup lama, apalagi kalau mau bikin surat ke BAN-PT harus datang ke kantornya langsung. Jadi sebaiknya segala kelengkapannya diurus jauh-jauh hari supaya masih ada waktu untuk melengkapi kelengkapan dokumennya kalau ada dokumen yang masih kurang.

Jadi, semangat ya buat ya mau lanjut kuliah di Jerman, nggak usah khawatir lagi kalau ternyata jurusan dan Universitasnya belum terdaftar di Anabin, kan sekarang udah tahu gimana caranya 😇  

No comments:

Post a Comment

Kerja Sambilan di Jerman (Part II): Kerja (Sebagian Gelap) di Sembilan Tempat yang Berbeda

Bulan-bulan pertama setelah aku keluar dari rumah Gastfamilie  merupakan bulan-bulan yang sulit banget buat aku. Gak hanya dari segi keuanga...