Wednesday 20 May 2015

Resep: Käsekuchen, Kue Keju ala Jerman

Sore-sore begini dua tahun ke belakang biasannya diisi dengan kegiatan gw jemput si bocah dari sekolah atau kalau gw ga jemput dia, sore-sore gw habiskan dengan berdiam diri di dapur, berkutat dengan buku masakan, kertas dan pulpen karena gw seneng banget ngobrak-ngabrik resep dan disesuaikan dengan taste gw hehehe. Gak lupa segala perkakas buat masak sudah ready di atas kompor serta si bocah yang asik nonton TV di ruang tengah yang sesekali gw panggil ke dapur guna mencicipi rasa dari masakan gw. Kalau enak, dia akan langsung jejingkrakan dan bilang "Ja, ja, ja" tapi kalau ga enak, ekspresi beginilah yang akan muncul

Ekspresi bingung antara ga enak atau ga enak banget ^^


Pernah kali waktu dia beli yang namanya Käsekuchen di Bäckerei dan dia sukaaaa banget makan itu kue. Karena harga satu potongnya yang lumayan jadi dia rayu gw untuk bikinin dia kue itu di rumah. Karena ga ada kerjaan jadi gw terima tantangannya dan ini hasilnya

 
Käsekuchen

Alhamdulillah gw berhasil lulus tantangannya, nilainya "Perfekt" dia bilang hehehehhe. Ini resepnya kalau-kalau kalian mau nyoba bikin juga di rumah:

Bahan Kuchenboden:

330 gr tepung terigu

130 gr gula pasir
130 gr butter atau margarin (sebaiknya ga yang asin)
2 btr telur
2 bks vanilli
1 bks backing powder

Bahan Füllung:

1 kg Magerquark*
300 gr gula pasir
2 bks Puddingpulver, rasa vanilli*
100 ml minyak (bunga matahari)
600 ml susu
4 btr telur
vanilli essence, atau serutan kulit lemon

Cara Membuat:
1. Panaskan oven pada suhu 200' C (Umluft 175' C*).

2. Campurkan bahan­-bahan untuk membuat Kuchenboden, uleni hingga semua bahan tercampur rata.

3. Ratakan adonan Kuchenboden pada loyang yang telah diolesi butter atau margarin, mulai dari bagian dasar hingga pinggiran loyang.

4. Campur bahan untuk membuat Füllung, tetesi vanilla essence atau serutan kulit lemon lalu tuangkan pada loyang dan panggang selama 30 menit.

Tips:

 • Magerquark bisa diganti dengan keju mascarpone, keju ricotta dan sour cream (perbandingan 2:1) atau bisa juga diganti dengan yoghurt biasa (plain dan tidak berasa) yang disaring menggunakan kain berserat rapat dan di diamkan selama beberapa jam atau sehari sehingga mengental.
 • Puddingpulver bisa diganti bubuk agar­-agar vanilla.
 • Membentuk lapisan Kuchenboden sebaiknya jangan terlalu tebal karena kue tersebut akan menebal, max setengah cm sudah cukup. 
• Setelah dikeluarkan dari oven, dinginkan di suhu ruangan kurang lebih 2 sampai dengan 2,5 jam. Jangan langsung dipotong karena krim di dalamnya masih sangat cair, kalau nggak nanti creamnya akan beleber kesana kemari.
•  Umluft di oven itu tandanya ada gambar kipas


Tanda-tanda yang ada di oven



Dari resep di atas, gw berhasil bikin 3 loyang Käsekuchen; 1 loyang diameter 18, 1 loyang ukuran persegi panjang dan 1 lagi loyang diameter 24. 1 loyang abis dimakan bocah, 1 loyang kebuang karena si bocah ga sabaran pengen buru2 motong kuenya dan loyang terakhir abis dimakan temen gw plus Gastmutternya. Kocak kalau yang terakhir, si Gastmutter temen gw makan Käsekuchen yang gw bikin padahal dia baru beli kue yang sama dari toko. Nasib itu kue yang dia beli dari toko sangat menyedihkan, dengan sangat menyesal kue itu harus temen gw buang karena cuma di cuil sedikit :( Ngerasa bersalah banget gw jadinya :(

Ok, selamat mencoba ya ^^

No comments:

Post a Comment

Kerja Sambilan di Jerman (Part II): Kerja (Sebagian Gelap) di Sembilan Tempat yang Berbeda

Bulan-bulan pertama setelah aku keluar dari rumah Gastfamilie  merupakan bulan-bulan yang sulit banget buat aku. Gak hanya dari segi keuanga...