Sunday 9 November 2014

Aturan Baru untuk Sprachstudent Visum

Tanggal 12 September 2014 kemaren hampir genap 2 tahun gw tinggal di Jerman. Berarti saatnya untuk mengajukan Aufenthaltserlaubnis yang baru (visa) dan dalam hati gw berdoa semoga kali ini gw mendapat perlakuan yang lebih baik, aamiin. Saat itu hari Jumat menjelang siang dan gw harus buru-buru karena gw saat itu kerja jam 13.00. Harus datang on time hari itu, karena boss gw kerjaannya nyureng melulu soalnya hampir tiap hari gw datang telat :D Harap jangan ditiru.

Gw langsung menuju kamar nomer lima karena disitulah semua visa pelajar asing diurus, sayangnya hari itu si petugas, Frau Warscheid namanya, lagi cuti liburan dan dialihkan gw ke kamar nomer satu, Frau Morschet. Gw ketuk pintunya dan gak lama kemudian gw dipersilahkan masuk lalu duduk. Gw ditanya apa keperluan gw dan gw bilang bahwa gw mau memperpanjang izin tinggal gw. Berikut percakapannya kurang lebih:

Gw (G), Frau Morschet (FM)

G : Gw mau memperpanjang izin tinggal gw.
FM: Anda bawa dokumennya)
G: (langsung nyodorin passpor sama surat keterangan dari tempat les. Surat keterangan dari kampus sengaja ga gw kasih)
FM: (ngetik sesuatu di komputernya lalu beliau mencicit - kurang lebih begitu karena suaranya pelan dan kecil tapi tinggi persis seperti burung pipit) anda pindahan dari Trier Kreis ya jadi saya belum bisa proses dulu data anda karena saya harus tunggu dulu dokumennya dikirim dari sana, tapi saya bisa isi dulu formulirnya untuk anda. (Seketika gw lemes waktu FM nyebut kalimat "Trier Kreis" karena gw punya pengalaman buruk disana) Anda sekarang les ya di Uni Trier, lalu apa Anda punya asuransi kesehatan?
G: (Nyodorin surat keterangan dari asuransi sekaligus surat jaminan dari keluarga waktu gw Aupair dulu)
FM: Ok, makasih, tapi saya masih butuh bukti finansial anda dari mana datangnya.
G: Gw dapet jaminan dari keluarga jerman dan itu keterangannya ada di tangan anda.
FM: oh super, mereka transfer uangnya atau gimana?
G: Ga, mereka kasih gw langsung tiap bulan (ini bohong banget karena gw nyari duit itu sendiri, keluarga Aupair gw kasih jaminan sehingga gw ga ditagih duit 8000 EURO!!! Itu duit semua men, ga mix sama daun)
FM: Ok, ini formulir data diri tolong di isi ya dan datang lagi minggu depan hari jumat, mudah-mudahan dokumennya sudah datang.
G: (Ngeloyor pergi sambil bilang makasih)


Jumat, 19 September 2014

Gw langsung datang ke kamar 1 dan ternyata FM ga ada sodara-sodara. Di pintunya ditulis bahwa tamu yang datang bisa masuk ke kamar 10 atau 11 dan gw memutuskan untuk masuk ke kamar nomer 11. Ada bapak-bapak disitu yang gw lupa siapa namanya tapi kita sebut aja Herr Keine Ahnung (HKA).

G: Hallo, minggu kemaren jumat gw datang ke kamar 1 buat perpanjangan visa tapi beliau sekarang ga ada lagi liburan. Gw disuruh datang lagi kesini karena dokumen dari Trier Kreis belum datang, sekalian ngasih ini formulir.
HKA: Bentar saya cek dulu. Oh iya belum datang, jadi datang lagi aja minggu depan ya.
G: Hari jumat lagi? Tapi minggu depan visa nya tinggal seminggu lagi, gapapa tuh?
HKA: Gapapa kok yang penting diperpanjang sebelum tanggal 30 September dan minggu depan bebas kamu bisa datang kapan aja kamu mau.
G: Ok, makasih, bye.


Rabu, 24 September 2014

Gw putusin datang hari rabu dan karena HKA lagi ada tamu jadi gw putusin masuk ke kamar 10, Frau Jungling (FJ).

G: (ngulang cerita dari awal lalu nyerahin formulir dan ga lama FJ keluar ruangan lalu balik bawa map dokumen gw)
FJ: Jadi anda mau les lagi ya? Bisa saya liat KTP anda dan paspor? (lalu gw serahin dan FJ lanjut ngomong) Anda tau kan kalau visa Sprachstudent hanya 18 bulan?
G: (pucat pasi karena gw tinggal punya waktu 6 bulan lagi) Iya.
FJ: Ok, kalau gitu saya kasih anda satu tahun ya, karena di Aufenthaltstitel (KTP) anda ini baru 6 bulan. Sampai September 2015 anda punya waktu untuk lulus DSH tapi jangan tunggu sampai waktunya habis ya :)


Alhamdulilah, ternyata Allah SWT itu emang ga tidur, Dia selalu tahu apa yang dibutuhkan hamba-Nya :D Setelah 1 tahun dapat perlakuan aneh dari Ausländerbehörde (selalu dapat visa cuma 6 bulan dan ini mahal banget) akhirnya kebayar juga hehehe. Terimakasih Yaa Allah dan juga Frau Wiersch, karena dia itu yang iseng selalu ngasih gw visa yang cuma 6 bulan dan itu mahal, padahal temen-temen yang lain dikasihnya 1 tahun bahkan ada juga yang lebih .

Ga kebayang kalau gw cuma dikasih visa 6 bulan, es wird aber zu knapp, ya gawe, ya les, ya persiapan ujian, aaarrrggghhhh. Soalnya yang gw tahu, kesempatan untuk jadi Sprachstudent (termasuk les bahasa jerman, les persiapan Studkol dan juga Studkolnya sendiri) itu 2 tahun lamanya, boleh kurang tapi ga bisa lebih. Kalau dalam 2 tahun belum juga lulus DSH, Test Daf, Studkol atau bahkan belum dapet tempat Studkol sama sekali, itu pertanda bahwa kalian mungkin akan pulang habis. Waktu jaman 2 tahun aja banyak yang pulang habis, apalagi sekarang yang cuma 18 bulan, bener-bener harus pintar bagi waktunya, karena serius ya, disini itu asik, waktu kadang kerasa banget lamanya cuma seringnya ya ga kerasa tiba-tiba aja udah harus pulang habis T-T itu temen gw yang bilang karena unfortunately dia harus pulang habis.

No comments:

Post a Comment

Kerja Sambilan di Jerman (Part II): Kerja (Sebagian Gelap) di Sembilan Tempat yang Berbeda

Bulan-bulan pertama setelah aku keluar dari rumah Gastfamilie  merupakan bulan-bulan yang sulit banget buat aku. Gak hanya dari segi keuanga...