Friday 14 November 2014

Indonesian Habbit: Basa-basi?!? Ah, basi

Dulu pernah ada iklan salah satu produk rokok yang slogannya "Bukan basa-basi", ga tahu sekarang iklan itu masih ada atau ga. Kalau ngomong masalah basa-basi, disini gw udah jarang banget nemuin orang yang suka basa-basi, semuanya cepet, ringkas, padat. Guru gw di kelas pernah bilang, kalau ga salah surat resmi untuk walikota yang isinya tralala. Beliau bilang gini, "Satu hal yang harus kalian ingat dan catat baik-baik, tulis sesingkat mungkin. Ini surat resmi, bukan lomba nulis puisi, ga perlu di urai-urai indah segala macem. Mereka yang di negaranya dulu kebiasaan harus pakai basa-basi kalau ngomong atau nulis surat, disini lupakan, walikota orang sibuk, ga ada waktu buat baca uraian kata-kata indah dari semua orang".

Denger itu gw langsung nyengir kalau inget surat undangan di Indonesia yang sempet-sempetnya ngajak penerima undangan buat baca doa dulu :D Tapi ya namanya kebiasaan, walaupun aneh tetep aja susah diubahnya. Mungkin kebiasaan ini lah yang menjadikan basa-basi lazim digunakan oleh masyarakat Indonesia, alasannya beragam mulai dari takut dibilang ga tahu tatakrama, sombong atau apalah lain-lainnya dan alasan-alasan tersebut merujuk pada satu hal yaitu kesopanan.

Inget postingan gw kemarin-kemarin tentang pidato bahasa Inggris bapak presiden? Inget lah ya, karena di satu sosmed gw disemprot dan dibilang ga peka, maka gw dengerin lagi itu pidato beliau takutnya ada yang luput dari pendengaran gw. Ternyata sama aja, ga ada yang kelewat. Orang yang nyemprot gw bilang, kalau gw udah denger baik-baik isinya, pasti gw ngerasa miris tapi ternyata gw ga ngerasa gitu tuh, gue malah nyengir karena gw menyadari bahwa presiden Indonesia merupakan orang Indonesia tulen, ga ada yang salah sebenernya dengan isi pidatonya, yang salah mungkin karena beliau adalah presiden, wajar ya kalau presiden pasti ada pro dan kontra. Kalau dia orang biasa, paling pas ngomong gitu cuma dibilang "Alah apaan sih lo men, basa-basi banget, ngarti arti investasi aja kagak, sok-sokan ngajak buat invest".

Kenapa di atas gw bilang beliau adalah orang Indonesia tulen? Karena beliau dalam pidato tersebut melakukan apa yang biasanya orang Indonesia lakukan, basa-basi demi kesopanan, takut dibilang songong dan sebagainya. Gw bukan orang pro politik, gw hanya penonton yang mengamati sambil sekali-kali minum kopi, sedikit-sedik nyatat biar ada bahan buat dihujat, ga deh kalau yang ini. Jadi disini gw berpendapat netral. Gw juga bukan termasuk tipe orang yang langsung mudah termakan suatu berita dan lantas jadi berapi-api ketika gw membaca headline yang tulisannya "Jokowi mau jual Indonesia ke pengusaha asing" something like that.

Kita lihat beliau berpidato dimana, beliau berpidato di APEC yang panjangnya Asia-Pacific Economic Cooperation. Beliau disitu juga bilang bahwa beliau itu mantan pengusaha, apa sih yang ada dikepala pengusaha ketika dia ingin usahanya berkembang dan dalam waktu yang sama mendengar kata ekonomi. Jelas yang keluar adalah investasi, karena ekstensifikasi dan intensifikasi hanya diketahui oleh guru IPS. Seandainya presiden saat itu jadi pembicara di forum yang membahas mengenai pariwisata, mungkin dia akan bilang "Ayo datang ke Indonesia untuk liburan, banyak alam yang menarik yang masih asri" dan mungkin nanti langsung muncul headline tandingan "Presiden akan menjual kelestarian alam Indonesia pada pihak asing", mau sampai kapan? Apa mau kayak film itu tuh yang nyampe 8 season ga kelar-kelar?

Kalimat presiden tersebut langsung memancing opini publik yang sayangnya gampang banget kemakan aura negativ. "Oi, presiden bilang ke pengusana dunia di konferensi Beijing sana, buat investasi di Indonesia. Faaakkk, dia mau jual negara kita tercinta. Dia mau kalau rakyat Indonesia jadi tamu di rumah sendiri, blablabla". Jangan lupa, dia orang Indonesia yang mungkin masih menjunjung tinggi "basa-basi demi kesopanan". Makanya ilangin sih kebiasaan itu, makin banyak kata yang keluar justru makin banyak kemungkinan untuk terjadinya kesalah pahaman, apalagi di Indonesia ada saingannya Mario Teguh. Cuma bedanya Mario Teguh ngasih inspirasi nah kalau dia malah memprovokasi. Sayang lah kalau Indonesia harus saling serang di media sosial yang sayangnya bisa dibaca oleh seluruh umat di dunia dan di terjemahkan ke dalam bahasa apapun secara seketika.

Yuk, coba berfikir netral, expand your mind, and your heart...

No comments:

Post a Comment

Kerja Sambilan di Jerman (Part II): Kerja (Sebagian Gelap) di Sembilan Tempat yang Berbeda

Bulan-bulan pertama setelah aku keluar dari rumah Gastfamilie  merupakan bulan-bulan yang sulit banget buat aku. Gak hanya dari segi keuanga...