Saturday 8 November 2014

Bahn Streik - Demo, kereta susah dimana-mana

Derita anak kos yaitu menghemat uang sampai ke recehan dan sangat membuat emosi kalau buka lemari dan ga ada baju bersih karena semua belum dicuci karena niat mau irit duit. Sekali nyuci 2 €, dikali empat untuk nyuci baju putih, hitam dan warna serta pake mesin pengering karena malas harus jemur dan nyetrika, jadi total 8 €. Mending beli kebutuhan dapur seminggu kan daripada nyuci? Untuk mengakalinya maka tiap seminggu sekali gw pergi naek kereta ke provinsi tetangga, demi numpang nyuci dan makan makanan bergizi karena untuk pergi kesana gw ga perlu beli karcis kereta soalnya kartu mahasiswa gw bisa dipake untuk naek kereta sampai kesana. Apesnya buat gw, bulan ini perusahaan kereta jerman atau Deutsche Bahn udah demo sebanyak empat kali dalam sebulan, yang akibatnya kereta banyak yang ga beroperasi.


Jadwal kereta yang tidak beroperasi karena demo


Tanda merah diatas itu yang ada segitiga dan tanda serunya merupakan ciri kalau kereta tersebut ga beroperasi. HHhhhhhh, jadwal tersebut adalah jadwal gw besok buat ambil titipan dan titip lagi titipan buat orang rumah dan dia yang berulang tahun, padahal gw udah seneng eh ga taunya pas liat jadwal ternyata keretanya ga beroperasi :'(.


Informasi detail mengenai kereta yang tidak beroperasi



Cuma ga usah takut ga bisa pergi karena demo, karena pasti ada informasi yang diberikan dari pihak DB seperti kereta mana yang tidak beroperasi dan diganti menggunakan kereta yang mana. Infonya juga selalu update dan bisa di cek kapan pun kita mau di situsnya.


Jadwal kereta pengganti

Kalau beberapa tahun lalu mungkin jika ada demo akan berdampak besar ke masyarakat karena sistem transportasi saat itu benar-benar lumpuh, karena beberapa tahun kebelakang sistem transportasi dimonopoli oleh DB. Untungnya sekarang bermunculan armada transportasi lain yang bisa digunakan seperti contohnya meinfernbus, flixbus, deinbus, atau blablacar juga mitfahrgelegenheit dan harganya juga ga kalah bersaing bahkan banyak yang lebih murah.

Rajin-rajin update info ya teman kalau mau bepergian pas lagi banyak demo kayak gini. Safe drive...


No comments:

Post a Comment

Kerja Sambilan di Jerman (Part II): Kerja (Sebagian Gelap) di Sembilan Tempat yang Berbeda

Bulan-bulan pertama setelah aku keluar dari rumah Gastfamilie  merupakan bulan-bulan yang sulit banget buat aku. Gak hanya dari segi keuanga...